Terima kasih kunjungannya,wal ♥_♥ ,,!!!

Selasa, 05 Juni 2012

Meminta maaf atau memaafkan itu ?????


Bismillahirrahmanirrahim..

Apa kbr mu hari ini temend???? ^_^

Hari ini iin hanya sedikit ingin bercerita,, hee
Temend” pasti pernah sakit hati kn?? Jengkel?? Kesal?? Pada temend.. sahabat,, kawand ,,gebetan,, pacar bahkan saudara??? Hehehe  (jgn di pendam dalam” ya… nanti jd dendam lhoo… bahaya kn??? :D)
Lalu bagaimana cara memaafkan’a????????
Hemm….tau gk meminta maaf dan memaafkan itu sebenarnya sm susahnya lho….??
Gk percya??  Rasakan aja ndri :P
Tp ada yang beranggapan kalau meminta maaf itu lebih mudah dari pada memaafkn..
Menurut iin itu sah” saja karna itu penilaian dia  ketika seseorang itu sedang  tersakiti….. tp pernahkh ketika itu membayangkan menjadi orang yang meminta maaf..??
Dengan segenap tenaga dan mengumpulkan harga diri yang ada untuk meminta maaf ,itu juga susah,, dengan rasa bersalah yang di emban sblum di maafkan ,,,,itu beratt bengett temend”…huuhuuuu…
Tapi sebagai yang tersakiti juga,,,, memaafkan itu sangat tidak mudah….
Iin tau bagaimana rasa dari keduanya,, karna iin pernah mengalaminya hee…

Pernah ya ketika dulu itu…. Iin tak di pedulikan dan di cueki begitu lama oleh seseorang xg menurut iin berarti…hemmm…dan perlu diketahui bahwa iin tu  orangnya sangat tidak suka jika  dicueki/tdk pedulikan tanpa alasan…
Maka waktu itu iin melakukan hal yang sama,,, saya tidak mempedulikan dia dn tak menghubunginya,,,
Setelah beberapa wktu dia meminta maaf…. Hemm ……
Sakit rasa’a,,, iin hampir tak  memaafkan,,,, tetapi entahlah iin tidak marah , hanya merasa sakit,,”sangkal” heee…. Iin berpikir lagi mungkin ada hal yg salah yg pernah iin lakukan kpdnya sehgga dia brbuat seperti itu..
“ikhlas,ikhlaskan  iN,,relakan dia, iN,,,,” kata iin pd diri iin sendiri wktu itu…hpeuhhh lega..!!!
Tapi iin yakin dari smw kejadian pasti ada hikmah’a insya Allah… mk  terima segala’a dg lapang dada ^_^
Allah selalu punya rencana terbaik untuk Hamba”NYA… maka seperti inilah iin sekarang ,,yang insya Allah hanya mengharap ridho dan cinta dari_NYA…aamiin

Hemmm …. Back to our topic… :D

Tidak setiap orang bisa memulai untuk meminta maaf. Bisa terjadi karena ada perasaan angkuh, atau mungkin malu karena kesalahan terasa berat. Namun, memendam perasaan bersalah tanpa meminta maaf akan membebani hati. Sementara itu, meminta maaf adalah bukti kedewasaan seseorang bahwa setiap orang pasti memiliki kesalahan.
Bagi temend” yang merasa sungkan untuk meminta maaf, tips berikut barangkali memudahkan temend” untuk lebih bisa mengutarakan permintaan maaf dengan tips ini :
  • Tidak menunda minta maaf. Kala  merasa berbuat kesalan, langsung saja nyatakan permintaan maaf sekecil apa pun. Orang akan lebih bisa menghargai keputusan temend” meminta maaf dari lisan temend” sendiri daripada tahu dari mulut orang lain.
  • Hindari meminta maaf lewat sms. Lebih baik Anda meminta maaf secara bertatap muka. Atau, kalau tidak bisa karena suatu alasan, angkat telepon atau ponsel dan ucapkan permintaan maaf temend” beserta alasannya.(smoga tidak mikr,,ttg sberapa banyk pulsa yang hbis digunakan y… :D)
  • Hindari berbohong. Temend” meminta maaf karena suatu kesalahan. Hanya saja, kalau temend” berbohong kenapa bisa berbuat kesalahan untuk tujuan membela diri, itu bukan tindakan terpuji. Sebaiknya  jujur mengakui apa saja kesalahan dan berjanji untuk tidak mengulangi. Kalau diperkenankan memberikan alasan terjadinya kesalahan, ungkapkan dengan jujur tanpa perlu mencari kambing hitam.
  • Bersikap merendah saat meminta maaf. Artinya,  benar-benar tulus mengakui kesalahan yang dilakukan. Rendah hati bukan berarti harus menjatuhkan harga diri temend” yaaa... Namun,  meminta maaf dan menunjukkan sikap nyesal telah melakukannya.^_^
  • Optimis semuanya bisa berjalan lebih baik usai meminta maaf. Terkadang kesalahan yang tidak diselesaikan dengan segera, menimbulkan konflik dua pihak. Yakinlah dengan meminta maaf, semua akan berjalan seperti semula. Temend” bisa tenang dalam beraktivitas dan menghindari punya musuh. (gud luk yew hihiih)

Tapi beda lagi Ketika kita di sakiti dan seseorang itu meminta maaf…
Maka sepeti yang ud iin bilang tadi,,,,tidak mudah memang memaafkan .
Nah, jika Peristiwa "menjengkelkan" itu telah terjadi di waktu yang lalu, maka perjelaslah terlebih dahulu semua hal yang terkait dengan peristiwa itu di waktu sekarang, lalu maafkanlah.

Coba lakukanlah simulasi ini :
Pegang dada kita dengan tangan kanan kita, tenangkan diri kita, tarik nafas yang dalam perlahan lalu hembuskan dengan tenang.
Kemudian hadirkan peristiwa menjengkelkan yang belum kita maafkan, hadirkan pelakunya, hadirkan wajah si pelaku yang membuat kita sebal, hadirkan waktu kejadiannya, rasakan dada kita sangat sakit mengingat peristiwa itu, sungguh sakit sekali rasanya,..bener..benerrr sakitttttt sangat,,,, hhuhu ( haduwhh lebayy ya pemirsa hihihhi… afwan juki :D)
Lalu katakanlah "Ya Allah, saya terima sepenuhnya rasa sakit ini, saya terima seutuhnya kejadian ini, saya akui saya banyak dosa sehingga saya pantas diperlakukan seperti ini, semoga ini bisa membersihkan jiwa saya. Saya maafkan dia, saya maafkan peristiwanya, saya maafkan diri saya yang kecewa dan jengkel karena peristiwa ini, saya lepaskan rasa sakit hati ini, dan saya serahkan semuanya kepadaMu. Dan ampunilah saya ya Allah karena saya telah begitu lama memendam rasa sakit hati ini". Aamiin

IiN jadi teringat suatu nasehat seperti ini :
2 hal yang harus selalu kita ingat yaitu :
  • Kebaikan org lain kepada kita.
  • Keburukkan kita kepada orang lain
2 hal yang mesti kita lupakan yaitu :
  • Kebaikkan kita kepada orang lain
  • Keburukkan orang lain kepada kita ( dgn kata lain ikhlaskan dn maafkn J )

Maka hidup temend” semua insya Allah akan tenang dn tanpa beban…

Wallahu’alam bissawab…
Yg salah datang dari diri iiN pribadi,,yang benar dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat ^_^


Dari berbagai referensi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koment yaa ,, mkc :)