Terima kasih kunjungannya,wal ♥_♥ ,,!!!

Selasa, 24 April 2012

TELAAH KURIKULUM KIMIA SMA KELAS X

              SEMESTER I

1.      Materi pelajaran :  Perkembangan tabel periodik unsur
Alokasi waktu pada silabus         : 2 jam pelajaran
Komentar              :
Menurut saya waktu 1 jam pelajaran akan  cukup untuk menjelaskan perkembangan tabel periodik unsur jika digunakan maksimal karena yang akan di jelaskan dalam materi hanya perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya , serta  dasar pengelompokan unsur-unsur. sehingga 1 jam pelajaran berikutnya akan memsuki materi struktur atom.

2.      Materi pelajaran              :  Struktur atom
Alokasi waktu pada silabus         : 2 jam pelajaran
Komentar              :
Untuk materi struktur atom ini menurut saya alokasi waktu 2 jam pelajaran kurang cukup untuk menjelaskan maksimal isi materi karena ada beberapa
perhitungannya ,materi dari struktur atom yang mana  isinya adalah  partikel dasar (proton, elektron dan netron), konfigurasi elektron dan elektron valensi, massa atom relatif berdasarkan tabel periodik ,unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton yang merupakan dasar dari perhitungan kimia . Jadi saya mengalokasikan waktu 3 jam pelajaran untuk struktur atom ini.

3.      Materi pelajaran              : 
-  Sifat fisik dan sifat kimia unsur
-  Sifat keperiodikan unsur
Alokasi waktu pada silabus        : 2 jam pelajaran
Komentar              :
Untuk materi Sifat fisik dan sifat kimia unsur dan Sifat keperiodikan unsur  saya rasa akan kurang cukup  2 jam pelajaran  untuk menjelaskan isi materi ini yang mana isinya adalah tentang sifat  unsur ( logam, non logam dan metaloid),serta  tentang sifat keperiodikan unsure ( keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, affinitas elektron dan keelektronegatifan). Jadi, saya mengalokasikan waktu 3 jam pelajaran untuk materi ini.
                                        

4.      Materi pelajaran              :  Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern
Alokasi waktu pada silabus         : 2 jam pelajaran
Komentar              :
Mengingat  materi ini berisi tentang perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen yang bisa dibaca sendiri oleh siswa sehingga alokasi waktu 2 jam pelajaran yang ditentukan oleh silabus cukup untuk pembelajaran materi ini.

5.      Materi pelajaran              :  Ikatan Kimia
-  Kestabilan unsur
-  Struktur Lewis
-  Ikatan ion dan ikatan kovalen
Alokasi waktu pada silabus        : 3 jam
Komentar              :
Untuk materi ikatan kimia tentang kestabilan unsur,Struktur Lewis, dan Ikatan ion dan ikatan kovalen menurut saya akan cukup 3 jam pelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan di silabus karena dalam kegiatan pembelajaran nanti akan ada diskusi kelas sehingga untuk materi ini diharapkan dapat selesai selama 3 jam pelajaran.

6.      Materi pelajaran              :
-  Ikatan  kovalen koordinat
-  Senyawa kovalen volar dan non volar.
-  Ikatan logam
Alokasi waktu pada silabus        : 3 jam pelajaran
Komentar              :
Sama seperti ikatan kimia tentang kestabilan unsur,Struktur Lewis, dan Ikatan ion dan ikatan kovalen di atas untuk  materi ikatan kimia tentang Ikatan  kovalen koordinat,Senyawa kovalen volar dan non volar serata ikatan logam saya rasa cukup waktu 3 jam pelajaran dimana pada kegiatan pembelajaran aka nada melakukan percobaan sederhana untuk  menyelidiki kepolaran senyawa dilaboratorium.

7.      Materi pelajaran              : Tata nama senyawa
Alokasi waktu pada silabus         : 2 jam pelajaran
Komentar              :
Untuk materi ini saya merasa alokasi waktu yang ditentukan di silabus tidak cukup untuk mempelajari atau guru untuk menjelaskan materi tata nama senyawa ini karena menurut pengalaman saya lumayan sulit untuk menentukan dan menuliskan nama  senyawa biner, poliatomik, dan organic sederhan. Sehingga saya mengalokasikan waktu 3 jam pelajaran untuk materi tata nama senyawa .

8.      Materi pelajaran              : Persamaan reaksi sederhana
Alokasi waktu pada silabus         :4 jam pelajaran
Komentar              :
Karena materi persamaan reaksi sederhana menurut pengalaman saya sebagai siswa dulu merupakan salah satu yang lumayan sulit juga, maka saya rasa kurang cukup alokasi 4 jam pelajaran yang ditentukan di silabus sehingga alokasi waktu yang menurut saya cukup menjelaskan materi persamaan reaksi sederhana ini adalah sebanyak 5 jam pelajaran.

9.      Materi pelajaran              :  Hukum dasar kimia
-  Hukum Lavoisier
-  Hukum Proust
-  Hukum Dalton
-  Hukum Gay Lussac
-  Hukum Avogadro
Alokasi waktu pada silabus        : 4 jam pelajaran
Komentar              :
Untuk materi pelajaran hukum dasar kimia ini saya setuju dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran yang ditentukan di silabus untuk mempelajari materi ini yang mana isi dari materi ini adalah tentang Hukum Lavoisier ,Hukum Proust Hukum Dalton,Hukum Gay Lussac dan Hukum Avogadro.
Dalam kegiatan pembelajaran ada beberapa percobaan.

10.  Materi pelajaran                          : Perhitungan kimia
Alokasi waktu pada silabus         : 6 jam pelajaran
Komentar              :
Perhitungan kimia  ini merupakan materi yang sangat penting dan berkaitan dengan beberapa materi selanjutnya , menurut saya materi ini merupakan materi yang akan  lumayan sulit untuk di pahami oleh siswa dimana dalam materi ini  isinya tentang  jumlah mol, rumus empiris dan rumus molekul , rumus air  kristal , kadar zat dalam suatu senyawa, pereaksi pembatas dalam suatu reaksi, zat pereaksi atau hasil reaksi sehingga indicator yang ingin saya capai juga banyak maka waktu yang di alokasikan disilabus akan saya tambah 1 jam pelajaran sehingga saya mengalokasikan waktu untuk materi ini sebanyak 7 jam pelajaran.



SEMESTER II


1.      Materi pelajaran             :
-  Larutan elektrolit dan non elektrolit
-  jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
-  jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan
Alokasi waktu pada silabus        : 3 jam pelajaran
Komentar              :
Untuk materi larutan elektrolit dan nonelektrolit ini saya rasa waktu 3 jam pelajaran yang ditentukan oleh silabus cukup untuk  menyelesaikan materi ini dimana dalam kegiatan ini saya alokasikan 1 jam pelajaran untuk penjelasan tentang materi dan 2 jam pelajaran untuk percobaan.

2.      Materi pelajaran             :
-  Konsep oksidasi dan reduksi
-  Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
Alokasi waktu pada silabus        : 8 jam pelajaran
Komentar             :
Karena  materi Redoks ini saya anggap merupakan materi yang lumayan sulit dan penting dalam pelajaran kimia maka saya setuju dengan 8 jam pelajaran yang ditentukan di silabus karena memerlukan pemahaman yang agak lama untuk memamahaminya dimana isi dari materi ini tentang konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi, bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks. Sehingga  saya rasa cukup 8 jam pelajaran untuk menyelesaikan materi ini.

3.      Mata pelajaran    : Tata nama menurut IUPAC
Alokasi waktu pada silabus        : 2 jam
Komentar             :
Untuk materi ini karena sudah disinggung pada semester di materi tata nama senyawa dan karena  indicator yang ingin dicapai tidak banyak maka saya mengalokasikan waktu 1 jam pelajaran saja untuk materi ini . Karena 2 jam pelajaran sekali masuk dalam kelas maka 1 jam pelajarannya akan diisi dengan  materi aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.


4.      Materi pelajaran             : Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
Alokasi waktu pada silabus        :1 jam pelajaran

Komentar             :
Untuk materi ini saya rasa cukup 1 jam pelajaran untuk siswa memahami redoks dan mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah lingkungan.


5.      Materi pelajaran             :
-   Identifikasi atom C,H dan O.
-  Kekhasan atom karbon.
-  Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
Alokasi waktu pada silabus        : 2 jam pelajaran
Komentar             :
Untuk materi ini saya rasa kurang 2 jam pelajaran yang ditentukan di silabus karena indikator dari materi ini adalah Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner, sehingga saya mengalokasikan 3 jam pelajaran untuk materi ini.

6.      Materi pelajaran             :
-  Alkana, alkena dan alkuna
-  Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
-  Isomer
Alokasi waktu pada silabus        : 7 jam pelajaran
Komentar             :
Untuk ketiga materi ini saya sependapat dengan alokasi waktu 7 jam pelajaran yang ditentukan di silabus  karena materi ini saya rasa memerlukan pemahaman yang lebih dari materi Identifikasi atom C,H dan O,Kekhasan atom karbon dn Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner sehingga alokasi waktu 7 jam pelajaran ini saya rasa  akan maksimal untuk menyelesaikan ketiga materi ini.


7.      Materi pelajaran             :  Reaksi senyawa karbon
Alokasi waktu pada silabus        : 2 jam pelajaran
Komentar             :
Untuk materi reaksi senyawa karbon ini saya rasa cukup 2 jam pelajaran untuk maksimal menyelesaikan materi ini karena indicator yang ingin dicapai untuk materi ini tidak banyak.

8.      Materi pelajaran             :
-  Minyak bumi
-  Fraksi minyak bumi
-  Mutu bensin
-  Dampak pembakaran bahan bakar
Alokasi waktu pada silabus        : 4 jam pelajaran
Komentar             :
Untuk alokasi waktu pada materi ini saya setuju dengan 4 jam pelajaran yang ditentukan di silabus karena mengingat materi ini berkaitan dengan bahan bakar yaitu bensin sehingga di harapkan siswa dapat mengetahuinya melalui pembelajaran pada materi ini .

9.      Materi pelajaran             : Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi waktu pada silabus        : 2 jam pelajaran
Komentar             :
Untuk materi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari saya setuju dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran yang ditentukan di silabus karena saya rasa materi ini  akan mudah dipahami oleh siswa .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

koment yaa ,, mkc :)